Urgensi Rapor Tengah Semester SMP Ta’miriyah Surabaya Terakreditasi “A”
Sabtu pagi ( 13/4 ) 2019 Orang Tua /Wali Murid SMP Ta’miriyah Surabaya bergegas menuju ruang kelas, yang biasa dipakai para siswa mencurahkan segenap daya upaya untuk menguasai mata pelajaran yang dijadwalkan.
Begitu antusiasnya beliau-beliau rela menunggu waktu hingga para wali kelas memasuki ruangan. Setelah salam disampaikan, ucapan penyambutan serta syukur kepada Alloh SWT, prosesi penerimaan rapor tengah semester genap dilakukan. Hari itu merupakan hari kesuksesan bagi putra-putri mereka.
Sudah menjadi pemahaman umum bahwa nilai yang telah diraih oleh para siswa adalah gambaran nyata dari kemampuan siswa saat itu . Sekalipun diakui ada beberapa kemampuan yang tidak bisa diukur dengan angka-angka, namun minimal gambaran nyata penguasaan kompetensi inti dan kompetensi dasar bisa diketahui, apakah sudah tercapai, melampaui, atau barangkali belum tercapai.
Kurniawan, salah seorang wali murid kelas 8D SMP Ta’miriyah Surabaya menuturkan, “Alhamdulillah ada laporan tengah semester, dengan hasil penilaian tengah semester ini saya tahu persis seberapa kemampuan anak saya, dia kuat di materi apa dan kesulitan di mata pelajaran apa. Yang lebih penting lagi apakah anak saya ini sudah merangkak menuju cita-citanya apa belum, sudah nyadar apa belum mengingat impiannya menurut saya tinggi amat, dia ingin menjadi seorang Profesor. Tapi ya gimana lagi inginnya begitu, saya hanya bisa bilang ya Bismillah moga berhasil, Alloh Maha Pemurah.”
Bukan berlebihan apa yang disampaikan oleh wali murid tadi mengingat SMP Ta’miriyah Surabaya adalah sekolah yang berdiri sejak tahun 1976. Sudah puluhan ribu, bisa jadi ratusan ribu alumni lembaga ini. Terbukti alumni S3 tidak sedikit, sehingga tidak berlebihan jika wali murid tadi meng iyakan mimpi anaknya yang sedang belajar di SMP Ta’miriyah Surabaya.
Dalam “Panduan Penilaian Oleh Pendidik Dan Satuan Pendidikan” SMP, K13 Revisi 2017 di sebutkan, “ Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Pengumpulan informasi tersebut ditempuh melalui berbagai teknik penilaian, menggunakan berbagai instrumen, dan berasal dari berbagai sumber. Penilaian harus dilakukan secara efektif. Oleh karena itu, meskipun informasi dikumpulkan sebanyak-banyaknya dengan berbagai upaya, kumpulan informasi tersebut tidak hanya lengkap dalam memberikan gambaran, tetapi juga harus akurat untuk menghasilkan keputusan. (http://ditpsmp.kemdikbud.go.id/erapor/file/Panduan-Penilaian-SMP-Revisi-2017.pdf)
Maka keberadaan Rapor Tengah Semester merupan hal penting untuk evaluasi dan manuver guna peningkatan pencapaian nilai Akhir Semester. Telah dipahami bersama bahwa, “ Tujuan pembelajaran pada hakikatnya adalah perubahan tingkah laku pada diri siswa. (https://www.asikbelajar.com/fungsi-penilaian-hasil-belajar/). Maka pengamatan akan perilaku siswa menjadi hal yang tidak bisa diabaikan.
Oleh karena itu SMP Ta’miriyah Surabaya senantiasa memperhatikan perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih baik dan terus menerus menerima umpan balik baik dari siswa, wali murid, maupun warga sekolah untuk penyempurnaan lebih lanjut.
( Tim Online SPETA)
Komentar
Posting Komentar